11.9.08

Zikrul Maut

Diposkan oleh BrenciA KerenS di 21.58

video

ZIKRUL MAUT (MENGINGAT KEMATIAN)

"Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: "Ini adalah dari sisi Allah", dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: "Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)". Katakanlah: "Semuanya (datang) dari sisi Allah". Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun?" (4:78)

"Kepunyaan-Nya lah kerajaan langit dan bumi, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu." (57 : 2)

Keutamaan mengingat Kematian (Zikrul Maut) :

1. Dapat menjauhkan diri dari tipu daya dunia

Hadist Rasulullah saw : "Perbanyaklah emngingat penghancur berbagai kelezatan" (HR Tirmidzi, hadis Hasan, Nasai dan Ibnu majah)

2. Dapat menumbuhkan semangat dalam menjalankan perintah Allah SWT

Hadist Rasulullah saw : "Hadiah orang Mukmin adalah Kematian" (HR Dunya, Tabrani dan al Hakim)

3. Dapat menumbuhkan semangat dalam meninggalkan larangan Allah SWT

Hadist rasulullah saw : " Kematian adalah kafarat bagi Muslim" (HR al Baihaqi)

Cara mengingat Kematian (Zikrul maut) :

1. Berzikir pagi dan petang

2. Senantiasa Istighfar dan taubat

3. Meyakini adanya malaikat

4. Memperbanyak ibadah sunah, utamanya : puasa dan tahajud

5. Senantiasa berdoa

6. Ziarah kubur

7. Menjenguk yang sakit dan ta'ziah

Adab mendampingi yang sakit / orang yg akan menghadapi sakaratul maut :

1. Mendoakannya

2. mengucapkan kata-kata yg dapat menghibur

3. Diberikan air minum

4. Dihadapkan ke kiblat

5. Ditalqinkan kalimat Thayyibah "LAA ILAAHAAILLAAALLAAH"

6. Membacakan surah Yasin untuk meringankan penderitaannya.

Tambahan ilmu yg didapat mama hari ini luar biasa..Subhanallah... semoga mama tetep Istiqomah. Meskipun hari ini rela meninggalkan dio yg masih tidur sama papanya ditempat tidur... Meskipun pada akhirnya mama jg ngerasa bersalah sekali dan menyesal..kenapa ilmu yg mama dapat hari ini terlambat mama tau..setelah ibuk meninggal dan eyang putri jg ga' ada lg. Sesal..dah pasti mama ga' bisa ngapa-ngapain lagi....tp semoga besok2 mama ga' melakukan lagi. Insya Allah..

Mama jg mo ngenalin nih..ibu guru cantik yg gaul dan narsis... orang nya pinter banget. ya iyalah..dia lulusan fisika ITB... jadi pinter fisika, matematika, biologi dan kimia... (sweereem ga' seh??). Anaknya 3 yg paling gede kelas 1 SMA dan yg dua masih SD semua. Suaminya yg biasa mama panggil ayah adalah seorang ahli teknik sipil kerjaannya bikin perumahan gede dan elit..tp rumahnya sendiri sederhana tp uennaakk banget kayak di puncak. kalo ngobrol sama dia asyik banget...anak2 biasa manggil TE. Nyaris tiap hari mama ke rumahnya, meskipun itu hanya sekedar numpang makan apa ngadem...hehehehe ga' pernah ngrumpi, nggosip, rajin baca Quran..sebulan bisa 3x khatam. Kalo dah ngomong berapi2...yg diomongin selalu Al Quran, hadist, Anak, Buku dan Rasulullah. Ngefan banget sama AA' Gym. ktanya biarin deh aa' gym mo ngapain...tp yg pasti cintanya teramat besar sama Rasulullah saw.


11 komentar:

dari sudut hatiku on 9/12/2008 12:06:00 AM mengatakan...

duh kenopo seh postingan mu marai ak wediiii. seng seneng wae ngopo!!!!

mysparkling on 9/12/2008 12:16:00 AM mengatakan...

dzikrul maut.. umm, aku jadi keingetan juga Bun.. masih belum punya bekal yang cukup..

Ah bunda, aku sedih lagi jadinya

.: i can't stop crying :.

Ingkang kangungan griyo on 9/12/2008 04:36:00 AM mengatakan...

@ mboke ponakanku seng paling ayu tp mboke ora : ben do eling...ra' mikir dunia saja...di pikir jg sangu akhiratnya

@ keling : ling...ga' perlu majas hiperbola deh... yuk kita tingkatkan iman kita....

Phie on 9/12/2008 05:09:00 AM mengatakan...

Alhamdulillah, baca ini postingan jadi inget lg kl harus banyakin "bekal"

Astaghfirullah, baca ini postingan kok masi berasa kek baca koran yak? Itu READ MORE-na jgn ditaro di paling bawah nuuh kaka :D

ingkang kagungan griyo on 9/12/2008 05:36:00 AM mengatakan...

@ phie : halah...ga' iso carane phie...rung mudeng...ngenteni kakakiyudh selo sek...nembe iso ndandani blogku.soale mau tak jajal ndandani mlah error kabeh..hhuuaaassyyeemm..

boodee on 9/12/2008 06:51:00 AM mengatakan...

wah.. wah..
kaya bu uztadzah nih..

mantap..!

phie on 9/12/2008 12:07:00 PM mengatakan...

@boodee:
sayaaaaaaaangggggg!!! mwah mwah mwah

etha on 9/13/2008 11:52:00 AM mengatakan...

duh...kaka postingannya bikin orang merinding...

Yg punya rumah on 9/14/2008 03:55:00 AM mengatakan...

@ boodee n phie..: silahkan chat disini...banyak tempat kok ambil yg dipojok sana ya...

@etha..: merinding piye tha?? ah lebay lu!!

Valkyrie Is Fakhrie on 9/17/2008 08:56:00 AM mengatakan...

ibuuu bimbing aku...yang hina ini...hehehehe

Anonim mengatakan...

ustazah tolong kirimkan saya beberapa hadist ttg peristiwa kamatian sampai alam barzah

Poskan Komentar

Silahkan berkata

 

Mama Dio KerenS Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Ugg Boots Sale | web hosting