15.10.09

Berkebun lagi

Diposkan oleh BrenciA KerenS di 16.05
Sudah lama sekali ga berkebun, maksudnya beneran berkebun ya. Bukan nandur di farm ville atau di farm Town. Meskipun sebenarnya lebih luasan tanah di FF n FT tapi berkebun yang satu ini bener2 butuh kesabaran dan kecintaan sama tanaman. ga cukup 4 hari buat nanem semangka, 4 hari untuk nanem nanas, atau 2 jam rasberry bisa mateng dan siap panen. Ini beneran berkebun di halaman rumah. Dan meskipun halamnanya cuma seuprit..dan semua tanemannya ga ditanem langsung ditanah tapi di pot, ini sama-sama nyenenginnya.

Dulu tanemannku banyak, koleksi agloenema dan jenmani banyak. Besar dan kecil. Dari red sumatra sampe buterfly, dari hookeri sampe kobra. namun semenjak kejadian “kabur” kesemarang beberapa bulan yang lalu, semua tanaman itu hijrah ke rumah adekku si putri. dan singkat cerita ketika acara kaburnya selesai, semua tanaman itu diadopsi sementara sama adekku. Berharap dia akan merawat seperti aku merawatnya.








Tapi ternyataa,, BLAIIKK!!! ketika lebaran kemaren.. tanaman yang udah gede2 seperti hookeri batang merah, cobra, jenmani black.. warna daunnya totol2 putih…kasian. malah pas disana hokeerinya dijemur ditengah hari yang panasnya naujibileh coy.. alhasil daunnya gosong semua dan lemes. TIDAAAKKK!!! tega sekali itu si ari menyakiti tanaman cantik itu. Dan ternyata yang kecil2 juga ga kalah terlantarnya. daunnya banyak yang gosong.

OK itu baru para anturiumnya, giliran agloenemaku, rotundumku yang dai depok sudah beranak pinak, sekarang nyaris tak dikenali bentuknya. Jueleekkk banget, nyaris ga layak idup lagi. lady valentine udah gabisa berdiri tegak lagi, klenger ngesot daunnya ditanah semua, buterflyku lemess daunnya semua dan setelah dicek ternyata akarnya busuk. Tapi kabar baiknya, si golden tie dan lipstik goldennya beranak satu. bagus, akan ada lagi regenerasi.

Sip hebat…bagus. terimakasih sekali adekku, sudah sedemikian hingga kau perlakukan mereka. Yah, akhirnya sebagian dari mereka pun saya bawa pulang. Si hookeri saya tinggal, si kobra yg belinya aja 4 jt saya tinggal, gelombang cinta tinggal aja, mereka sudah tidak bisa diharapkan lagi.

Di rumah kemaren saya feeling udah ga enak, so meluncurlah aku ke tukang taneman langganan. langsung beli 2 karung media tanah untuk semua tanaman, males ribet beli yang laen2 buat anthurium dan agloenema. jadi satu aja biar efisien, pupuk dekastar ngecer gocengan, novelgrow dan B1. Dan berhubung si emak yg jualan ini dah apal banget sama aku, langsung ngasih diskon 20rb kalo beli legacynya. Ngilerr dong… dulu ga kebeli bo’ harganya selangiit. Sekarang setelah harga turun drastis, sekarang bisa dapet 3,5 daun 45rb. Senangnya.

Oke acara berkebun dimulai, bongkar semua pot, pisahkan tanaman dengan media tanahnya. media lama dibuang, ganti dengan media baru. tanaman yang mulai besar dipindah ke pot yang lebih besar, anakan dipisah dari induknya, selesai disiram dan digosok daunnya. kasih pupuk selesai deh.













sambil bercocok tanam, sambil ngobrol sama tanemannya. Biar deh dikirra gila, mereka dengar kok. yang penting kalian semua sehat semua ya.. dan cantik dikebun miniku.





Photobucket

13 komentar:

Seti@wan Dirgant@Ra on 10/15/2009 04:39:00 PM mengatakan...

he...he ... ikut berkebun yuk...

Seti@wan Dirgant@Ra on 10/15/2009 04:40:00 PM mengatakan...

ternyata pertamaxx..., curi waktu sebelum mati lampu mbak. met sore.

AISHALIFE-LINE on 10/15/2009 05:03:00 PM mengatakan...

interested in gardening ya sis...wah kita sama sis give me five :nge:

alamendah on 10/15/2009 05:13:00 PM mengatakan...

aktivitas yang sangat baik. mengisi waktu luang berbuat sesuatu untuk keselamatn alam, meski sederhana

metamarsphose on 10/15/2009 05:36:00 PM mengatakan...

Tenan to, tebakanku berarti bener.
Wong Ayu biasanya nggak bakat berkebun
Terbukti Dik Putri rak biso ngrawat kembang.

phie on 10/15/2009 07:43:00 PM mengatakan...

aku yo ra iso ngerawat kembang, berarti aku ayuuuuuuuuuu :b:

Neng Rara on 10/15/2009 08:31:00 PM mengatakan...

assalamualikum,
wah..banyak juga koleksinya mbak..
mari berkebun....
salam

suryaden on 10/15/2009 11:26:00 PM mengatakan...

kebunku isinya rumput dowang :D

babeh on 10/16/2009 07:01:00 AM mengatakan...

kebunku ada dua.... sama2 ipritnya... tanemannya tinggal sikit... kupegang erat erat.... :T:

aprie on 10/16/2009 08:43:00 AM mengatakan...

seko ngegem nang dunia nyata..
:T:

namaku wendy on 10/16/2009 10:48:00 AM mengatakan...

ra popo yu diarani edun titik tapi emang katanya kalo berkebun perlu berdialog begitu biar soulnya menyatu hihihi
patut yu dadi guru pertanian, aku gelem wis dadi murid'e;)

Saung Web on 10/18/2009 03:45:00 PM mengatakan...

Aktifitas yang baik.. paling tidak buat pekarangan kita hijau dengan tanaman.. itu kan wujud kecintaan juga terhadap alam ini.. lam kenal ya..

Sang Cerpenis bercerita on 10/21/2009 06:37:00 PM mengatakan...

saya juga berkebun di fb tapi gak terlalu aktif.

Poskan Komentar

Silahkan berkata

 

Mama Dio KerenS Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Ugg Boots Sale | web hosting