8.12.09

Dio manasik Haji

Diposkan oleh BrenciA KerenS di 13.57

Hari sabtu kemaren di sekolah dio ada kegiatan manasik haji, yang notabene diikuti oleh semua anak kelas TK A dan B di TK Rahmaniyah. Alhamdulllah Dio bisa ikut kegiatannya dan ga perlu ribet melakukan persiapannya.. Apalagi buat baju Ikhromnya dah disediain sama sekolahannya buat yang Ikhwan. Untuung di Ikhwan.. bukan akhwat, soalnya yg akhwat suruh beli baju sendiri.. hihihi

Pagi-pagi seperti biasanya dio susah dibangunin, pake acara konser dikamar mandi dulu, tapi akhirnya mau juga dio mandi. Cuma pas giliran make baju ikhromnya, dio menolak habis-habisan.. alasannya dio malu. malu keliatan enennya. hihihi akhirnya dio baru mau make bajunya setelah dipakein kaos dalem.

Setelah nyampe sekolah ternyata ga langsung menuju TKP a.k.a kota Mekkah (ceritanya mekkah padal SD Rahmaniyah), sempet nunggu di kelas bentar buat poto-poto… trus langsung menunggu keberangkatan di lapangan basket depan sekolah. Untuk ibadah haji tahun ini dio dan temen2 sekelasnya ceritanya dari negara Thailand trus berangkatnya kloter kedua.

mau berangkatBerangkat

Setelah sampai di Mekkah, para jamaah kecil itu langsung poto-poto dulu sebelum melaksanakan ibadah haji bersama guru dan kepala sekolahnya. Disini awal dari ngambeknya dio. Dio ngambek ga mau dipoto, Alhasil dio mukanya ga keliatan, ngambeknya berlanjut sampai waktu tawaf dan ga mau shalat berjamaah. Maunya dio mamanya ikutan.. padal sama guru2 ortu ga boleh mendampingi. Akhirnya mama pun cuek aja ikutan jd jamaah. Dio nangis nih pas teman2nya shalat dhuha… baru bisa diajak kompromi setelah dio minum air zam-zam (aslinya air mineral doang) dan buah kurma.

ibadah 1Setelah itu para jamah melakukan Sa’i di bukit shafa dan bukit marwah. Disini bu guru menyuruh untuk tidak berlari, tapi berhubung tempatnya luas dan adem.. anak-anak itu jadi pada balapan lari sambil muterin 2 bukit. kalo beneran capeknya kek apa yaa??. Setelah Sa’i lanjut melakukan wukuf di arafah… jika versi sebenarnya wukuf di arafah itu pastinya sulit, disini anak2 malah wukuf di sebuah saung yg adem dan rindang… sambil wukuf para jamaah itu mendengarkan ceramah. Dio tertawa ngakak waktu dipanggil bapak-bapak…

shafa&marwah   

wukuf

Perjalanan kemudian berlanjut ke MINA, disana para jamaah boleh istirahat sambil melakukan ibadah. Dio malah gayanya pura2 tidur gitu…

mina

Setelah cukup Istirahat, para jamaah melakukan lempar Jumroh. kata dio.. “mah ini batunya boongan, batunya dari koran yang dibungkus isolasi. Ini buat ngelemparin setan”. Dan pas lempar jumroh dio sibuk ngusir setan sampe semua batunya habis di satu tempat melempar jumroh. padal jatahnya yg mestinya 3 kali (aslinya biasanya 7x) malah sekantong semuanya. Akhirnya mama mungutin lagi batu yg berserakan dibawah buat ngelempar lagi di tempat lainnya.

lemparjumroh Setelah selesai melempar jumroh para jamaahpun melakukan tahalul dan Qurban. Disini mama sempet ngerjain si tukang potong rambutnya,  disuruh megangin rambut dio sambil bergaya seolah2 lagi motong rambut dio, sementara mama sibuk nyalain kamera hehehehe Pas Qurban, dio takut liat darah boongannya, padal kambingnya terbuat dari karton dan bulunya dari kapas, darahnya dari cat.. tapi dio ngerii liat darahnya. Kabur dia..

Setelah itu para jamaah melakukan tawaf perpisahantahalul 

Setelah itu jamaah melakukan tawaf perpisahan dan mencium hajar Aswat. tapi dio ga mau nyium.. kotor katanya. *tepukjidat*

jadi begitulah perjalanan haji seharinya dio di TK, cukup melelahkan untuk dio dan mamanya.. baru simulasi gini aja capek ya, gimana yg benerannya ya. tapi dari ngikutin dio manasik ini, mama jadi makin pengen haji juga.. kapan ya??? Thinking

Ini foto2 tabahan selama dio manasik juga…

dioranger

19 komentar:

marsudiyanto on 12/08/2009 02:16:00 PM mengatakan...

Nulis disik, mocone bar iki...

marsudiyanto on 12/08/2009 02:18:00 PM mengatakan...

Themenya apik...
Keh kembange...
Ono pager botone koyo kraton!

marsudiyanto on 12/08/2009 02:20:00 PM mengatakan...

Ono Mbayunge mrambat, segerrrr
Kuwi wit mbayung opo wit kedelai?

Elsa on 12/08/2009 02:28:00 PM mengatakan...

wah kecil kecil sudah berhaji!!! hebat!!!
meskipun cuman "simulasi" hehehehe

Lidya on 12/08/2009 02:30:00 PM mengatakan...

Semoga menjadi Haji yang Mabrur ya

alamendah on 12/08/2009 02:53:00 PM mengatakan...

Mama Dio ikutan haji, dong!?

travel surabaya - denpasar, paket kilat on 12/08/2009 03:03:00 PM mengatakan...

colon junior haji

Seti@wan Dirgant@Ra on 12/08/2009 03:08:00 PM mengatakan...

Moga aja Dio bener2 berangkat Haji ama emaknya.

Dj Tri on 12/08/2009 04:42:00 PM mengatakan...

ini kan belajarnya.. ya tinggal berangkatnya...

BrenciA KerenS on 12/08/2009 06:21:00 PM mengatakan...

@pak mars : hoo iya ya.. jelek ya templitnya.. gapapa deh,... emang jelek kok templitku maklum milih sendiri... :t:

@mbak elsa : iya nih mbak program anak TK sak depok..

@mbak lidya : amiinnn...

@alamendah : iyaa dong ikutan... ikut simulasinya, benerannya belom tau kapan..

@travel surabaya : makasiihh..amiinn

@bang iwan : amiiinnnn....

Dj tri : minta doanya ajaa... :)

ateh75 on 12/08/2009 08:17:00 PM mengatakan...

Wah sama mba ,anakku pun hari kamis mau manasik haji,padahal yang naik haji udah pada pulang ya ketanah air..ketinggalan dong ya he he .

Oh ya mba Linknya udah aku add diblogku ya...makasih.

Neng Rara on 12/08/2009 08:55:00 PM mengatakan...

assalamualaikum..
gimana kabar haji kecilnya mbak?
selamat berhaji dio.
sukses lah latihannya,
salam

RanggaGoBloG on 12/08/2009 09:30:00 PM mengatakan...

semoga bukan cuma praktek ya mbak... semoga suatu saat nanti si dio dan mbak bre sekeluarga bisa naik haji... amin

Ivan Kavalera on 12/08/2009 10:53:00 PM mengatakan...

hehehe lucu2 ya. semoga menjadi anak2 yg saleh dan saleha. amin.

oh ya, aku baru2 launching kedai kopi. mampir ya untuk ngopi dan ngobrol2. alamatnya di sini:

http://penulisbiasa.blogspot.com/

Fajar on 12/09/2009 11:17:00 AM mengatakan...

moga terlaksana berangkat haji yang sesungguhnya....mbak..

Yolizz on 12/09/2009 04:10:00 PM mengatakan...

hihihi... lucunyaaa.... semoga ntar bisa beneran mbak yah :)

aprie on 12/09/2009 10:36:00 PM mengatakan...

tampange kok galak ngunu?
:UE:

tuteh on 12/12/2009 06:15:00 PM mengatakan...

Jengkelnya aku, kk... selama ini komen2 kk tuh masuk ke mana, tau nggak? Ke komennya blogger hahahah sementara selama ini aku tuh taunya haloscan melulu huhuhu :D yo wes lah...

Hihihiihi Dio ganteng ya? :D

Salam ya, kk buat semuanya ^^

sewa mobil murah on 12/27/2010 04:49:00 PM mengatakan...

bagus tuh kegiatannya

Poskan Komentar

Silahkan berkata

 

Mama Dio KerenS Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Ugg Boots Sale | web hosting