7.9.09

The Davinci Code

Diposkan oleh BrenciA KerenS di 11.26
Sebelum saya menulis ini, saya minta maaf untuk teman-teman blogger yang beragama selain Islam. Bukannya bermaksud SARA atau menghina. Ini cuma pemikiran saya saja. Sebelumnya semua pertanyaan ini sudah pernah saya lempar ke Yahoo Answer setahun yang lalu. Dan kali ini di bulan suci ini saya ingin berbagi dengan sahabat2 muslim saya. Mungkin bisa kita saling bertukar pikiran dan memberi saya masukan yang lain.

Sudah baca novelnya Dan brown yang berjudul "The Davinci Code". Buku bagus untuk yang suka baca, two thumsup deh!! (enakan baca bukunya daripada filmnya lho) Cerita dikit ya, ada seorang ahli sejarah dari Universita harvart bernama Robert Langdon yang membuka rahasia Lukisan-lukisan Leonardo Davinci, salah satunya adalah lukisan fenomenalnya "Leonardo Da Vici - Last Supper" yang biasa umat nasrani sebuat "Perjamuan terakhir". Kalo Umat muslim banyak dijelaskan mengenai "Hidangan" ini di surat Al-Maidah.



Da vinci ternyata menyimpan rahasia besar dibalik lukisan itu, mengenai cawan suci yang ternyata Yesus memiliki seorang istri yaitu Maria Magdalena. Pencarian makamnya yang luar biasa, karena letaknya benar-benar tersembunyi. Simbol-simbol rumit yang muncul.

Buku ini terus terang menjadi penolakan dari umat nasrani, karena setau saya (maaf kalo pengetahuan saya kurang) Yesus setelah disalib, mengalami suatu kejadian ajaib dimana beliau dibangkitkan.

Terlepas dari benar tidaknya buku itu, karena setahu saya buku itu masih ada unsur novel fiksinya, meskipun sang penulis banyak berkata isi bukunya banyak yang berupa FAkta. Mari kita liat dari sudut pandang Islam (menurut saya).

Sekarang coba kita baca lagi Ayat2 ini :
1. "Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan kepadanya nikmat (kenabian) dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani Israel." (Qs. 43 : 59)

2. "Kami tiada mengutus rasul-rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui." (21 : 7)

3. "Dan tidaklah Kami jadikan mereka tubuh-tubuh yang tiada memakan makanan, dan tidak (pula) mereka itu orang-orang yang kekal." (21 : 8)

4. "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mukjizat) melainkan dengan izin Allah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu)."(13 : 38)


Setelah saya baca ayat2 tersebut, saya jadi berpikir. Nabi Isa bisa jadi memang memiliki anak dan keturunannya. Bukankah itu suatu HAL YANG SANGAT MUNGKIN saja terjadi. Allah SWT sudah pasti memiliki Kuasa atas itu semua. Dalam Surat Ar-Rad ini, Allah menjelaskan kepada Rasulullah bahwa Allah telah mengutus Rasul sebelum Rasulullah saw dan memberikan mereka keturunan dan istri2. Dan kita tahu, Nabi Isa adalah Rasul sebelum Rasullulah saw. dan sangat mungkin sekali nabi Isa juga mempunyai Anak dan Istri.

Selanjutnya..
5. "Dan telah Kami jadikan (Isa) putra Maryam beserta ibunya suatu bukti yang nyata bagi (kekuasaan Kami), dan Kami melindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir." (23 : 50)

Dan seperti banyak diceritakan di hadist dan sirah2 nabi, bahwa Pada Akhir jaman nanti Nabi Isa, Akan turun lagi untuk membunuh Dajjal Sebelum munculnya yajud majud dan sebelumnya pada sholat subuh beliau diminta untuk menjadi Imam shalatnya Imam Mahdi namun beliau menolak.
"“Sekelompok dari ummatku akan tetap berperang dalam dalam kebenaran secara terang-terangan sampai hari kiamat,sehingga turunlah Isa Ibn Maryam ,maka berkatalah pemimpin mereka (Al Mahdi) : “ Kemarilah dan imamilah shalat kami”. Ia menjawab;”Tidak, sesungguhnya sebagian kamu adalah sebagai pemimpin terhadap sebagian yang lain, sebagai suatu kemuliaan yang diberikan Allah kepada ummat ini (ummat Islam)”. (HR Muslim & Ahmad)"

Jadi menurut bahasa Gampang saya begini, Allah sebenarnya telah memwafatkan Nabi Isa. Sebelumnya Nabi Isa telah ditempatkan/ dilindungi oleh Allah di tempat yg tinggi seperti di jelaskan di 23 : 50, Nabi isa juga mmiliki istri dan keturunan seperti di 13 : 38. Beliau jg sebenarnya hidup dalam artian hidup di alam yg hanya Allah saja yg tau. (2 :154) Kemudian pada akhir jaman beliau akan diturunkan lagi oleh Allah dan kemudian di wafatkan lagi.
Bukankah itu hal yg sangat mudah bagi Allah... menghidupkan lalu memwafatkan lalu pada akhir jaman menghidupkan lagi kemudian memwafatkan lagi...Bukan suatu yang mustahil kan??

Sampai disini gimana pendapat kalian??

Note: mengenai "tempat yang tinggi" menurut Al Quran, pernah dengar ga penemuan Arkeologi di sebuah dataran tinggi di palestina, dimana ditemukan beberapa makam. Dan disinyalir salah satu makamnya itu adalah makan Nabi Isa As. Dan menurut wikipedia :
Makam Talpiot adalah sebuah makam yang ditemukan di Talpiot, makam ini diduga merupakan makam dari Yesus dan keluarga. Talpiot terletak di sebelah selatan Kota Lama Yerusalem. Di dalamnya ditemukan 10 osuarium (peti tulang terbuat dari batu gamping) berusia tua dari kurun waktu pra-tahun 70 Masehi, akhir Perang Yahudi I melawan Roma. Sejak penggalian itu tidak ada penyelidikan lebih lanjut atas makam ini. Di dalam sebuah film dokumenter BBC/CTVC yang berjudul The Body in Question dan ditayangkan di Inggris pada Minggu Paskah 1996, muncul laporan sangat singkat tentang makam ini. Karena terlalu singkat, laporan ini berlalu begitu saja.

Gua makam ini awalnya digali dalam kurun 1–11 April 1980 oleh arkeolog Amos Kloner, Yosef Gath, Eliot Braun, dan Shimon Gibson di bawah pengawasan Otoritas Kepurbakalaan Israel (OKI). Sejak saat itu dilakukan penyelidikan terus- menerus.

Rahasia Allah semua ini ya guys... TErgantung Iman kita deh, benar tidaknya dan percaya atau tidaknya.. itu terserah kalian. Lagi-lagi saya hanya melempar wacana.

yang mau download ebooknya Dan brown The davinci Code bisa disini

*baru nyadar serius amat sih aku* Photobucket

Photobucket

25 komentar:

Seti@wan Dirgant@Ra on 9/07/2009 01:56:00 PM mengatakan...

Aku nggak pernah baca bukunya,.... izin sedot dulu ah. Tengkyu.

Kabasaran Soultan on 9/07/2009 02:00:00 PM mengatakan...

Bukunya sih dah punya lama ...tapi ntah kenapa belum jadi2 juga bacanya ...
Dibaca dulu ya ...

aprie on 9/07/2009 02:07:00 PM mengatakan...

fast reading..
terlalu serius tulisane
:b:

BIG SUGENG on 9/07/2009 02:52:00 PM mengatakan...

Yaa untuk uraiannya saya setuju, bahwa beliau adalah manusia biasa yang kemudian "diangkat" dan nati akan dibangkitkan lagi untuk memerangi dajjal. Selanjutnya gimana yaa hanya Alloh swt yang maha tahu

Ibunda Sasha on 9/07/2009 02:57:00 PM mengatakan...

:re: ntar dirumah lanjot bacanya... :ue: berat e... menghadirkan tulisan ini bertapa berapa lama yu?

Enno on 9/07/2009 03:52:00 PM mengatakan...

kalo aku baca ya baca... gak pernah dipikirin, supaya nggak mengganggu keimanan

hahaha

salut lho sama analisanya...

Elsa on 9/07/2009 05:09:00 PM mengatakan...

setuju banget kalo jauh lebih enak baca bukunya daripada lihat filmnya. filmnya gak keren blaaassss....... sungguh mengecewakan.
termasuk film keduanya Angel and Demon. bagiku juga cukup mengecewakan.
bukunya Dan Brown jauh lebih kereeeen....


well. ngomongin ini...sensitif sekali...
tapi kalo aku sih... bukunya Dan Brown itu adalah sebuah karya sastra. nikmati saja sebagai karya sastra.

coba lihat deh, buku sejarah jaman kita masih SD dulu. semua menuliskan Soeharto sebagai pahlawan supersemar. padahal kan faktanya tidak seperti itu.

my point is... buku diktat sejarah yang isinya fakta saja bisa ditulis "seenak udhel" nya penulis. apalagi karya sastra, yang tidak memiliki beban tanggung jawab faktual apapun.

hidup Dan Brown...
hehehehehehehehee

AISHALIFE-LINE on 9/07/2009 05:10:00 PM mengatakan...

Ya..kejadiannya sudah beribu tahun yang lalu sis.Hanya dengan iman aja yang membuat hati yakin dan percaya dengan kebenarannya.allahu alam.

Jeng Eny on 9/07/2009 05:46:00 PM mengatakan...

kok komengku tadi ga masuk yu?

marsudiyanto on 9/07/2009 09:32:00 PM mengatakan...

Nek ketemu postingan abot ngene iki mbingungke nek meh comment...

Kuwatir nek gak nyambung.

metamarsphose on 9/07/2009 09:33:00 PM mengatakan...

Opo maneh aku tergolong sing miskin buku...
[Misalo aku nduwe buku yo ora meh tak nggo bahan...]

Gurune Cah Bagus on 9/07/2009 09:34:00 PM mengatakan...

Aku copy paste wae ben ketok wis moco + ketok pinter yo...
Da vinci ternyata menyimpan rahasia besar dibalik lukisan itu, mengenai cawan suci yang ternyata Yesus memiliki seorang istri yaitu Maria Magdalena. Pencarian makamnya yang luar biasa, karena letaknya benar-benar tersembunyi. Simbol-simbol rumit yang muncul.

buwel on 9/08/2009 02:30:00 AM mengatakan...

wah, tak ku sangka tak ku kira dan ku duga diri mu alim ya mbak Yu....kereeennnnnn

a-chen on 9/08/2009 02:31:00 AM mengatakan...

mantabbbbbb deh..........salute....thumbs up....

boodee on 9/08/2009 10:27:00 AM mengatakan...

waw..!
mau baca blog ini aja deh,
baca bukunya lain kali aja hhihihihih

Noor's blog (inside of me) on 9/08/2009 03:13:00 PM mengatakan...

Saya sudah baca bukunya juga nonton filmnya, dan setuju dengan mba..menurut saya memang lebih seru baca bukunya daripada filmnya...dan mengenai kontroversi yang ada dalam isi cerita..no comment deh..saya lebih fokus ke alur cerita bukan isi cerita

ivan kavalera on 9/08/2009 05:49:00 PM mengatakan...

:r:mantap, bunda.

lagi usil on 9/08/2009 07:55:00 PM mengatakan...

hmm, bagus dan kritis sekali uraiannya sista! iya bukunya jauuuuhhhh lebih bagus dari filmnya. (padahal yg bikin ron howard loh).
sebenernya buku itu fiksi belaka, sehingga tidak ada alasan untuk menolak atau melarangnya. kalaupun dalam buku itu dipaparkan fakta-fakta sejarah dan fisik (misalnya museum louvre) yang terjamin akurasinya, itu wajar saja dalam sebuah karya fiksi yang baik.

Zippy on 9/08/2009 09:21:00 PM mengatakan...

Duh, diriku udah nonton ni film, kadang2 jadi mikir, "Ia ya..tapi bener apa nggak..??"
Apa yang dibuat juga membuat kita menjadi bertanya2, seakan2 itu benar, atw emang benar..??
Ah..bingung mbak :D

kira on 9/09/2009 08:43:00 AM mengatakan...

yups, dah baca dua-duanya, keren banget,
semuanya cuma Dia yg tau, tapi Da Vinci emang keren banget...

jimox on 9/09/2009 10:19:00 AM mengatakan...

kalau logikanya begitu sih benar juga..
tapi lain lagi kalau orang nasrani yang cerita, katanya ada saksinya saat yesus bangkit dari kubur.
Kalau saya sih tetap percaya hanya ada satu Tuhan, yaitu Allah SWT.
:)

Reni on 9/10/2009 06:30:00 PM mengatakan...

Aku sudah baca bukunya mbak... Emang dahsyat banget tuh buku. Penulisnya bener-2 pandai.

Ulasan mbak kayaknya pas banget....

KangBoed on 9/12/2009 02:53:00 PM mengatakan...

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fuuullllllllllllllll

KangBoed on 9/12/2009 02:55:00 PM mengatakan...

manstaaaaaaaaaaaaaabbbsss

rental mobil murah on 9/16/2009 02:31:00 PM mengatakan...

terlalu serius baca jadinya gini deh :RE:

Poskan Komentar

Silahkan berkata

 

Mama Dio KerenS Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Ugg Boots Sale | web hosting